resep ayam

Ayam rica rica

Bahan-Bahan:

1 ekor ayam dipotong 16 bagian
2 batang serai di memarkan

6 buah bawang merah dirajang

1 lembar daun pandan
5lembar daun jeruk
50 ml minyak goreng
150 ml air
1 buah jeruk nipis
12buah cabai merah
10buah cabai rawit merah
7 siung bawang putih
4 cm jahe

Cara Mengolah :

1. Haluskan cabai merah, cabai rawit merah bawang putih dan jahe, sisihkan.
2. Tumis bawang merah, serai dan daun pandan hingga bawang kecoklatan.
3. Masukkan bumbu yang dihaluskan dan daun jeruk, aduk hingga harum.
4. Kemudian masukkan ayam aduk hingga ayam berubah warnanya, tambahkan air,

kecilkan api dan tutup. Diungkep hingga airnya agak mengering sambil sekali-sekali diaduk-aduk. Angkat.
5. Tambahkan air jeruk, aduk hingga rata.

AYAM BAKAR TALIWANG

BAHAN:
1 ekor (800 g) ayam kampung, bersihkan
2 sdm minyak kelapa
4 cm kencur, haluskan
1 sdt terasi, bakar, haluskan
500 ml air
2 sdm air jeruk limau

Bumbu, haluskan:
12 butir bawang merah
6 siung bawang putih
18 buah cabai merah keriting
3 buah cabai rawit merah
1 buah tomat, potong dadu kecil
1 1/2 sdt garam
2 sdt gula merah, sisir

CARA MEMBUAT:

1. Belah ayam dua bagian dada tanpa terputus. Kerat-kerat permukaannya. Sisihkan.

2. Campur minyak kelapa, kencur, terasi, dan air, aduk rata.

3. Lumuri ayam dengan campuran minyak, diamkan selama 30 menit.

4. Masak di atas api kecil hingga ayam matang dan bumbu meresap. Tambahkan air jeruk, aduk rata.

5. Bakar ayam di atas bara api sambil sesekali diolesi sisa bumbu hingga matang, angkat. Sajikan.
AYAM PANGGANG GORONTALO


BAHAN:
1 ekor (1,2 kg) ayam buras, potong 4 bagian sama besar, bersihkan
2 sdm air jeruk nipis
500 ml air
3 sdm kecap manis

Bumbu, haluskan:
8 buah cabai merah
10 butir kemiri, goreng
12 butir bawang merah
6 siung bawang putih
2 batang serai, ambil bagian
putihnya, memarkan
4 cm jahe, bakar
150 g tomat, potong dadu kecil
1 1/2 sdt garam
1 sdt gula merah, sisir

CARA MEMBUAT:

Lumuri ayam dengan air jeruk nipis, biarkan selama 30 menit.

Campur ayam bersama bumbu halus dan air. Jerang di atas api kecil hingga mendidih.

Masukkan kecap, masak hingga mendidih, tutup, kecilkan api. Masak terus hingga ayam matang dan bumbu meresap, angkat.

Panggang ayam dalam oven panas bersuhu 180º C selama 20 menit

atau di atas bara api sambil sesekali diolesi sisa bumbu hingga ayam harum dan berwarna kecokelatan, angkat. Sajikan.

BEBEK BETUTU

BAHAN:
1 1/2 ekor (1,2 kg) bebek utuh yang sudah dibersihkan
3 sdm minyak sayur
Daun pisang untuk membungkus

Haluskan:
18 butir bawang merah, potong kasar
6 siung bawang putih, potong kasar
3 batang serai, ambil bagian yang putih, iris tipis
5 lembar daun jeruk purut, iris tipis
6 butir kemiri, goreng
5 cm jahe, cincang kasar
8 cm kunyit, bakar, cincang
8 cm kencur, cincang kasar
5 buah cabai rawit, potong-potong
1 sdt ketumbar, sangrai
2 sdt terasi, goreng
3 sdt garam

CARA MEMBUAT:

Campur bumbu halus dengan minyak, aduk rata.

Lumuri seluruh permukaan dan bagian dalamnya dengan campuran bumbu halus hingga rata.

Bungkus dengan daun pisang. Kukus dalam dandang panas selama 5 jam hingga matang. Angkat.

Bakar di atas bara api hingga berwarna kecokelatan sambil sesekali dibalik. Angkat. Buka daun pisang, potong-potong bebek.

Sajikan.

Untuk 6 potong

BEBEK PANGGANG THAILAND

Bahan
1 1/2 ekor (1,2 kg) bebek utuh yang sudah dibersihkan
90 ml kecap manis
90 ml saus tiram
12 buah akar daun ketumbar, cincang halus

Bumbu, haluskan:
8 cm jahe
9 siung bawang putih
90 ml taosi*)

CARA MEMBUAT:

Lumuri bebek dengan kecap manis. Diamkan semalaman dalam lemari pendingin. Sisihkan.

Campur bumbu halus, saus tiram, dan akar daun ketumbar cincang.

Lumuri seluruh permukaan bebek dengan campuran bumbu halus.

Letakkan pada pinggan tahan panas dengan dada menghadap ke atas.

Panggang dalam oven panas suhu 200º C selama 60 menit hingga matang.

Bila kulit bebek sudah mulai gosong, tapi belum matang, tutup dengan aluminum foil. Angkat.

Diamkan selama 15 menit.

Potong-potong bebek menjadi 6 bagian. Sajikan.

*)Taosi: Sejenis saus berwarna hitam yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai hitam.

Bercita rasa agak asam dan asin seperti taoco. Dijual dalam kemasan botol kaca.

ayam panggang padang


Bahan-bahan1. 600 gram daging Ayam segar
2. Kecap manis
3. satu batang serai

Bumbu-bumbu

1. 3 siung Bawang merah
2. 2 siung Bawang putih
3. 1 sdt Ketumbar
4. 1/2 sdt merica
5. 1 sdt garam
6. 3 butir kemiri
7. 1 cm Laos/lengkuas
8. 1 cm Jahe
9. 1 cm Kunyit

Lalapan dan Sambal

1. 2 buah cabe merah
2. 4 buah cabe rawit
3. 2 siung bawang putih
4. 2 siung bawang merah
5. 1/2 sdt garam
6. 1/2 buah tomat
7. 2 lbr daun jeruk
8. 1/2 sdt terasi matang

Cara memasak

1. Uleg semua bumbu hingga halus
2. Lalu masukkan ayam dan bumbu ke dalam panci dan “ungkep” sampai empuk
3. Sisakan sedikit kuah untuk olesan ketika membakar jangan sampai kering
4. Siapkan tungku pembakaran, bakar ayam setengah bakaran
5. Oles dengan sisa kuah kental hasil ungkepan tadi
6. Bakar kembali hingga matang
7. Terakhir oleskan kecap manis dan bakar 1/2 menit lalu angkat
8. Sajikan dengan daun selada/kemangi atau selainnya jangan lupa mentimun/tomat biar makin mak nyuss ..

Membuat sambal

1. Goreng semua bahan sambal setengah matang
2. Haluskan dengan diulek dan beri perahan jeruk nipis sedikit saja

Nyam-nyam Slurrrp…………

ayam goreng kalasan resep asli ke 1

Ayam Goreng Kalasan
Bahan:
1 ekor ayam (bisa dipotong sesuai selera)
500 ml santan kelapa
1/2 sendok teh soda kue
5 buah bawang putih, haluskan
2 lembar daun salam
1 cm lengkuas, memarkan
garam & gula merah, menurut selera
minyak goreng secukupnya

Cara Membuatnya:
1. Rebus ayam bersama santan kelapa dan bahan lain hingga air hampir habis dan ayam lunak.

Tambahkan air bila perlu. Tiriskan dan dinginkan.
2. Goreng ayam dgn minyak banyak dan panas hingga berwarna kuning kecokelatan ( tidak terlalu kering).

Angkat. Oleskan sisa kuah kental bekas rebusan ayam supaya tampak mengkilat.

Sambal Ayam Kalasan
bahan:
15 buah cabai merah (buang bijinya)
6 buah bawang merah
2 buah bawang putih
1 buah tomat merah
1/2 sendok teh terasi
garam dan gula, menurut selera
cara membuatnya:
Rebus cabe merah dan tomat. Kemudian haluskan bersama bahan lainnya.

Tumis dengan 5 sendok makan minyak goreng di atas api kecil, lalu masukkan sisa kuah kental bekas rebusan ayam tadi.

Masak dengan api kecil hingga matang dan keluar minyak. Angkat dan hidangkan!
Selamat mencoba!

ayam kalasan resep asli ke 2

Bahan:
1 ekor ayam
1 butir jeruk nipis, ambil airnya

Haluskan:
7 butir bawang merah
4 siung bawang putih
6 butir kemiri
3 sm kunyit
1 sdm ketumbar sangrai
1 sdt gula merah iris
Garam secukupnya

2 lembar daun salam
1 batang serai, memarkan
1 liter air kelapa
Minyak untuk menggoreng

Sambal:
5 butir bawang merah
7 buah cabai merah
1 butir tomat
1 sdt terasi
1 sdt gula merah
Garam secukupnya

Cara Membuat:
– Bersihkan ayam, potong menjadi empat bagian. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis.

– Campur ayam dengan bumbu yang dihaluskan, daun salam, serai, dan air kelapa. Masak sampai eyam empuk dan air surut. Angkat.

– Goreng ayam dalam minyak panas sampai kuning kecokelatan. Angkat.

Sambal: goreng semua bahan dengan sedikit minyak. Giling sampai halus, kemudian panaskan/goreng kembali dengan api kecil  tanpa minyak. Angkat.

Sajikan ayam bersama sambalnya.

Untuk 4 orang

*Bila ayam belum empuk sementara air kelapa surut, tambahkan air panas ke dalamnya.

ayam ungkep gurih

Bahan :
1 ekor ayam, potong 8

Bumbu, haluskan :
5 bh bawang putih
1 ruas kunyit
1 sdm ketumbar
1 btg lengkuas
1 ruas jahe
3 btr kemiri
1 sdt garam

Cara Membuat :
– Baluri ayam dengan bumbu halus,

masak dalam panci atau wajan tertutup sampai ayam keluar air dan matang.

Angkat.
– Goreng dalam minyak banyak bersama bumbunya.

Tips:
Bila suka bisa ditambahkan lengkuas parut jumlah banyak, sehingga didapat bumbu kremes seperti serundeng.

ayam goreng crispy

Bahan:
1 ekor ayam negeri, potong 8
3 siung bawang putih, parut
3 cm jahe parut
1 sdt garam
1 sdt merica bubuk
2 butir telur ayam, kocok lepas
350 gram tepung terigu
1 sdt baking powder
Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:
Remas-remas potongan ayam dengan  bewang putih dan jahe parut.

Taburi dengan garam dan merica bubuk.

Tusuk-tusuk ayam dengan garpu agar bumbu meresap.

Diamkan selama 15 menit.

Celupkan ayam ke dalam telur kocok.

Gulingkan ke atas tepung terigu yang sudah dicampur dengan baking powder.

Masukkan kembali ke dalam telur kocok, lalu lumuri tepung lagi.

Panaskan minyak yang banyak,

goreng ayam dengan api besar sampai tepung mengembang dan berwarna kuning.

Kecilkan api.
Goreng ayam sampai matang dengan api kecil. Angkat.

Untuk 8 potong

* Minyak yang dipakai harus banyak, sampai ayam terendam. Bila ayam dimatangkan dengan api sedang/besar,

maka ayam akan matang di luar dan mentah di bagian dalamnya.

ayam mbok berek asli

resep ke 1

1 ayam yg emuk dan muda

8 bawang merah

3 siung bawang putih1 ibu jari langkuas
4 lembar daun salam

garam secukupnya
air kelapa

minyak utk menggoreng

Ayam setelah dibersihkan dibelah dua.

Taruh di wajan, bubuhi bumbu-2 ( 2 macam bawang dan garam ) yg telah ditumbuk halus.

Langkuas dipukul sampai pecah-pecah,

Cara Membuat

salam dibiarkan utuh.

Tuangi air kelapa, tutup wajannya, godok dgn api besar.

Jika sudah mendidih apinya dikecilkan.
Godok sampai ayamnya empuk. Lalu goreng dgn minyak yg panas sekali.

Banyak sekali resep ayam goreng mbo berek yang beredar di internet atau di majalah-majalah kuliner,

tapi semuanya tidak ada yang mirip Ayam Goreng mbok berek yang sebenarnya.

Resep ini hasil gabungan dari beberapa resep ayam goreng mbok berek dan sudah saya coba,

rasa, aromanya sangat mirip dengan Ayam Goreng Mbok Berek yang asli.

resep ke 2

1 ekor Ayam utuh berat sekitar 1,4 kilo, potong2
3 buah Paha Ayam, potong2
1 pack Hati ayam seberat 500 gr
1 buah Tahu, iris – iris

Bumbu :
125 gr Bawang putih
80 gr Kemiri
4 sdm / 60 gr Garam
1,5 sdm / 9 gr Ketumbar bubuk
2 sdm Gula pasir
1 sdt / 5 gr Vetsin (boleh dikurangin ato gak usah pake sama sekali kalo mao sehat hehe)
1 blok Maggi Kaldu Ayam
Air secukupnya

Adonan Kremes untuk 750 ml air rebusan ayam:
9 sdm Tepung Tapioka

3 Tepung Beras
Lem Kanji dibuat dari 4 sdm tapioka dan 300 ml air yg dimasak
3 sdt Baking Powder

Cara membuat:

Ringkasan cara membuatnya kira-kira :

– Ayam beserta bumbu halusnya direbus dengan presto kira-kira 20 menit dari sejak presto berdesis
– angkat ayam sisihkan
– buat larutan kanji
– ambil 750 air rebusan ayam lalu tuangi dengan bahan-bahan kremes … staff mixer hingga tercampur semua
– celupkan ayam dalam adonan kremes lalu goreng dengan minyak panas…api tidak terlalu besar

resep ke 3

Bahan:
1 ekor ayam buras, buang kepala dan kakinya
50 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 lembar daun salam
2 tangkai serai dimemarkan

Bumbu halus:
8 siung bawang putih
4 butir bawang merah
4 butir kemiri
1/2 sendok makan ketumbar
1 sendok makan garam

Bahan remahan:
350 ml air rebusan ayam
3 sendok makan tepung beras

Bahan Sambal:
5 butir bawang merah
6 buah cabai merah
2 buah cabai rawit
1 sendok teh terasi
1 buah tomat
30 gram gula merah
Garam secukupnya
5 sendok makan minyak sisa goreng ayam

Cara membuat:

Rebus ayam di dalam santan, bumbu halus, daun salam, dan serai sampai matang.

Ukur air rebusan ayam 350 ml.

Tambahkan tepung beras. Aduk rata.

Celupkan ayam ke dalam campuran tepung lalu goreng dalam minyak goreng panas hingga kecokelatan.

Sisa tepung digoreng dalam minyak panas.

Tuang sedikit-sedikit adonan tepung dalam minyak panas sambil diaduk hingga kecokelatan.

Angkat lalu taburkan ke atas ayam. Hidangkan dengan sambal dan lalap

Buat sambal:

Haluskan bawang merah,

cabai merah, cabai rawit,

terasi,

tomat,

gula merah

garam.

Tumis dalam minyak panas sampai airnya habis.

Tip:
Kalau air rebusan ayam tidak cukup 300 ml, tambahkan sedikit santan untuk memenuhi ukuran tadi.
Merebus ayam dalam santan harus dengan api kecil supaya bumbu meresap ke dalam ayam.

ayam goreng

Bahan :
–    1 ekor ayam muda
–    8 butir bawang merah
–    3 siung bawang putih yang ditumbuk dan dicampur dengan garam secukupnya
–    1 ibu jari lengkuas yang dimemarkan
–    4 lembar daun salam
–    Santan dari ½ butir buah kelapa
–    Minyak goreng

Cara pembuatan :
–    Potong ayam menjadi dua bagian.
–    Taruh ayam dalam panci, kemudian bumbui dengan campuran bumbu di atas.
–    Tuangkan santan ke dalam panci.
–    Masak hingga mendidih dengan api besar, setelah itu kecilkan api dan masak hingga daging ayam menjadi empuk.
–    Angkat daging ayam.
–    Goreng ayam dengan minyak goreng yang sangat panas.
–    Sajikan.

ayam goreng bawang putih

* 6-8 potongan-potongan ayam
* 3 siung bawang putih, ditumbuk
* Rendah garam
* 1 sendok makan cabai bubuk
* 1 sendok teh lada hitam
* Sebuah sejumput baking powder
* Sebuah sejumput bubuk bumbu

Bahan untuk tepung

* 2 cangkir tepung jagung
* 3 siung bawang putih, ditumbuk
* Rendah garam
* 1 sendok makan cabai bubuk
* 1 sendok teh lada hitam
* 1/2 sdt baking powder
* 1/2 sdt bubuk bumbu

1. Rendam ayam dengan bumbu
2. Campur semua bahan ke wadah tepung
3. Setelah satu jam, celupkan ayam itu ke dalam telur kocok
4. Salutkan ayam dalam campuran tepung
5. Goreng dalam minyak hingga kecoklatan.
6. Tiriskan.

ayam goreng sukabumi

Bahan :
1 ekor ayam buras, buang kepala dan kakinya
500 ml santan
2 lembar daun salam
1 tangkai serai, dimemarkan

Bumbu halus :
8 siung bawang putih
4 butir bawang merah
4 butir kemiri
1/2 sendok makan ketumbar
1 sendok teh garam

SAMBAL :
5 butir bawang merah
6 buah cabai merah
2 buah cabai merah
1 potong terasi
1 buah tomat
30 gram gula merah
garam secukupnya
minyak bekas menggoreng ayam secukupnya

Bahan remahan :
350 air rebusan ayam
3 sendok makan tepung beras

Cara membuat :
1. Rebus ayam bersama santan,

bumbu halus,

salam, serai hingga daging ayam lunak.
2. Ukur air rebusan hingga mencapai 350 ml.

Tambahkan tepung beras. Aduk rata.

Celupkan ayam di dalamnya lalu goreng sampai matang.
3. Sisa campuran tepung tadi juga digoreng.

gunakan sendok waktu menuang hingga adonan yang jatuh, kecil-kecil bentuknya.

Aduk-aduk supaya warna cokelatnya merata.

Angkat dan tiriskan.

Taburi bubuk tepung ini di atas ayam.

Sajikan ayam bersama lalap mentah dan sambalnya.
4. Cara membuat sambal. Haluskan semua bahan lalu tumis bersama 1/2
cm lengkuas yang dimemarkan. Setelah airnya mengering, angkat.

Untuk 8 porsi

ayam goreng kremes mbok berek

Ayam Goreng mbok Berek

Buat yg suka ayam goreng dgn kremesan, yg ini patut dicoba deh!
Kremesannya gurih…, bikinnya jg gak susah.

Bahan:
12 ptg bag. drumstick
500 ml santan encer
5 sdm kelapa kering

Bumbu, haluskan:
10 buah kemiri
2 cm ruas lengkuas
6 siung bawang putih

3 lembar daun salam
1 tangkai serai, geprek
1 sdt gula merah
garam secukupnya

Kremesan:
2 sendok makan tepung beras
1 sendok makan tepung kanji
500 ml kaldu rebusan ayam

Cara membuat:
Rendam ayam slm bbrp saat dgn air jeruk+1/2 sdt cuka. Cuci dan tiriskan.
(Disini cuka fungsinya agar ayam tidak mudah hancur waktu direbus)
Campur santan, bumbu halus + bumbu lainnya, kelapa parut dan ayam.
Kemudian rebus dgn api kecil/sedang hingga ayam matang dan bumbu menyerap.
Setelah matang, tiriskan ayam kemudian goreng hingga kecoklatan.

Campur kaldu rebusan ayam (bila kurang, tambahkan air) dgn tep. beras dan tep. kanji.
Aduk rata.
Kemudian tuangkan bbrp sendok ke dlm minyak panas, goreng hingga kekuningan.
Gak perlu diaduk2, adonan kremesannya akan membentuk jaring dgn sendirinya.
Gorengnya cukup 1x balik aja.
Setelah matang, tiriskan minyaknya terlebih dulu.
Taburkan di atas ayam goreng.

ayam goreng bumbu kemiri

Ayam goreng bumbu Kemiri

Goreng ayam dgn api kecil agar menghasilkan ayam goreng yg kekuningan.

Bahan:
1 ekor ayam, potong2 sesuai selera
1 btg serai, geprek
3 lbr daun jeruk

Bumbu halus:
10 btr kemiri
3 bawang putih
2 cm jahe
1 cm kunyit
1 sdt ketumbar bubuk
1 1/2 sdt garam

Cara membuat:
Rendam ayam dgn air jeruk slm bbrp saat.
Kemudian cuci, tiriskan.
Ungkeb ayam bersama bumbu halus, serai dan daun jeruk.
Kemudian goreng hingga kekuningan.

ayam kremes

ayam Kremes

Memang sih belum seenak ayam “Suharti” yg terkenal itu….
tapi paling gak,
saya sdh dpt “kremesannya” yg kriuk2…sesuai yg saya inginkan.
Lihat tuh ayamnya sampai gak kelihatan,
justru kremesannnya itu yg sering jadi rebutan!

Bahan:
1 ekor ayam, siap pakai
400-500 ml santan sedang

Bumbu halus:
2 cm kunyit
6 bawang putih
6 kemiri, sangrai
1/2 sdm ketumbar bubuk
1 1/2 sdt garam

Kremesan, aduk rata:
400 ml kaldu ayam
100 gr tepung kanji
1 btr telur

Cara membuat:
Potong ayam menjadi 4 bag.
Rendam dgn jeruk nipis selama bbrp saat, cuci, tiriskan.
Didihkan santan bersama bumbu, kemudian masukkan ayam.
Masak dgn api kecil sampai ayam matang dan bumbu benar2 menyerap.
Jaga jangan sampai ayam hancur.
Pisahkan ayam dan kaldunya.
Dinginkan kaldu, kemudian buat adonan kremesannya.
Celupkan ayam ke dlm adonan kremesan (tipis2 aja), kemudian goreng hingga matang.

Kremesan:
Panaskan minyak dgn api kecil-sedang.
Ambil 1 sdk adonan, kemudian tuang ke dlm minyak yg sdh ckp panas.
Cara menuangnya jangan sekaligus, tapi tetes demi tetes, menyebar di permukaan wajan.
Biarkan sampai adonan mengapung di permukaan (akan terbentuk seperti jaring).
Goreng sampai kremesan berwarna kekuningan dan cukup kering.
Angkat kemudian tiriskan di atas kertas.
Begitu seterusnya sampai adonan habis.
Tuang di atas ayam goreng,
Sajikan bersama sambel terasi dan lalapan.

Sumber resep & ide: Rudi Choirudin, tabloid Nova

opor ayam

Bahan:
1 ekor ayam (500 gr), potong2
1 btg serai, geprek
1 cm lengkuas, geprek
2 lbr daun jeruk
minyak, untuk menumis

Bumbu halus:
5 bawang merah
2 bawang putih
3 btr kemiri, sangrai/goreng
1 cm jahe
1 sdt ketumbar bubuk
1/4 sdt jinten bubuk
1 sdt garam

1 sdt gula merah
asam jawa, larutkan dgn sedikit air panas
santan cair, secukupnya
santan kental, secukupnya

Cara membuat:
Tumis bumbu halus bersama serai, lengkuas dan daun jeruk hingga harum.
Masukkan ayam, aduk hingga berubah warna.
Tuangkan santan cair, tambahkan gula merah, masak hingga ayam cukup matang.
Tuang santan kental dan air asam, cicipi rasanya.
Didihkan kembali, hingga kuah berminyak.
Sajikan dengan taburan bawang goreng.

Ayam Goreng Bogor

Paling enak menggunakan ayam kampung.
Tetapi jika tidak ada, bisa memakai ayam ras yang kecil, yang tidak ada lemaknya.

Bahan:
1 ekor ayam (600 gr), cuci, rendam air jeruk
1 cm lengkuas
1 btg serai

Bumbu halus:
6 bawang merah
2 bawang putih
1 sdt ketumbar bubuk
1/2 sdt merica
2 cm kunyit, sangrai
4 btr kemiri, sangrai
1/2 cm jahe
1/2 sdt gula merah
1 sdt garam
1 sdm air asam jawa

Cara membuat:
Cuci kembali ayam yang telah direndam air jeruk, tiriskan.
Ungkeb ayam bersama bumbu, hingga cukup empuk.
Goreng hingga kecoklatan.

Note:
Bila menggunakan ayam kampung, tambahkan air secukupnya pada saat mengungkeb.

bacem

Ayam Bacem adalah makanan khas Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Seperti halnya tempe bacem, keunikan dari rasa ayam bacem adalah rasanya gurih dan manis.

Rahasianya terletak pada cara mengungkepnya,

dimana paling enak kalau waktu mengungkep pakai air kelapa,

tapi kalau terpaksa tidak ada air kelapa,

air biasapun bisa hanya saja tidak segurih kalau pakai air kelapa .

Resep Ayam bacem:

1 ekor Ayam, potong sesuai selera (lebih OK menggunakan ayam kampung)
1 ltr air kelapa
3 sdm gula merah (bisa dikurangi kalau tidak suka terlalu manis)
3 sdm air asam jawa *
7 bh bawang merah
5 bh bawang putih
1 sdm ketumbar bubuk
5 lbr daun salam
Sedikit garam

Cara membuat :

Haluskan semua bumbu, campur dengan air kelapa

Tata ayam didalam panci atau wajan, tuangi air kelapa & bumbu dan daun salam.

Tutup wajan. Masak dengan api kecil sampai air habis.

Aduk sesekali saja. Kalau masih kurang empuk, tambahkan sedikit lagi air.

Biarkan dingin.

Goreng sesaat sebelum disajikan, cukup sebentar saja sampai kecoklatan.

Jangan terlalu lama menggoreng karena kandungan gula Jawa didalam bumbunya membuat ayam cepat gosong.

Jangan terlalu kering menggoreng karena akan jadi alot.

Sajikan dengan nasi putih, sambal bajak atau sambal matang dan lalapan

* Untuk membuat air asam Jawa bisa didapatkan dengan merendam 1 sdm asam Jawa kering dengan air panas.

Biarkan sampai asam leleh, saring, ambil airnya.

ayam panggang bumbu kuning

Bahan:
1 ekor ayam kampung,

1 jeruk nipis

Bumbu:

1 sendok makan ketumbar
8 siung bawang putih, kupas
1 sendok teh kunyit bubuk
2 iris lengkuas kering, lembutkan dengan direndam di air hangat
2 batang sereh, ambil bagian putihnya saja, iris2 halus
2 cm jahe, kupas dan iris2 halus
2 bh daun salam
6 butir kemiri
300ml air santan (santan kental 100ml + 200ml air), plus 200ml air
garam dan gula palm secukupnya
sedikit minyak untuk menumis

Cara masak:
Siapin ayamnya, potong2, dan sirami jeruk nipis. Biarkan sebentar sementara memproses bumbu.

Bumbu
Masukkan semua bumbu ke dalam blender, hingga halus.

Remas-remas bumbu ini ke seluruh bagian ayam hingga merata.

Biarkan selama 1 jam.

Siapkan wajan yang bertutup. Panaskan minyak, lalu masukkan ayam beserta bumbunya.

Balik-balik supaya ayam kecoklatan.

Beri air santan dan air biasa tadi, tutup wajannya dan biarkan hingga air dan bumbu meresap. Pakai api kecil saja.

Sementara itu panaskan oven suhu 170C.

Tuang atau susun potongan ayam di atas bejana tahan panas.

Panggang hingga matang dan permukaan ayam mengering.

welcome di resep memasak keluarga Hallegraeff

hallo temen temen di mana pun kalian berada saat ini saya ingin mempersembahkan resep resep special andalan keluarga dan disini saya ingin berbagi resep.semoga saja resep saya ini bisa bermafaat buat temen temen yang rada sulit mencari resep yang pas di lidah dan bisa cocok dengan resep saya.

terimakasih,

salam michelle hallegraeff

  • Calendar

    • September 2016
      M T W T F S S
      « May    
       1234
      567891011
      12131415161718
      19202122232425
      2627282930  
  • Search